Selasa, 22 Juli 2008

perkembagan lInux

SEJARAH PERKEMBANGAN LINUX

1_181170173m.jpg By Abdul Rosyid Chied in IT News
Published: Monday, 16 June 08 - 03:31 PM (GMT)
Last Updated: Sunday, 06 July 08 - 08:03 AM (GMT)

SEJARAH PERKEMBANGAN LINUX

Linux merupakan sebuah sistem operasi yang serupa dengan UNIX, dan merupakan implementasi independen dari system operasi POSIX, dengan exstensi SYSV dan BSD dengan sistem operasi UNIX, yang terutama berjalan dimesin (baca: Microprosesor) keluarga intel 80386DX, atau yang lebih baru. Perkembangan berikutnya, LINUX dapat berjalan diatas beberapa mesin lainya seperti SUN SPARC, MAC, POWERPC, DEC ALPHA, dan PPC MK86.

LINUX dahulu adalah proyek hobi yang dikerjakan oleh LINUS TORVALDS. Dalam mengerjakan hobinya, linus memperoleh inspirasi dari MINIX, suatu sistem UNIX kecil yang dikembangkan oleh ANDI TANENBAUM. LINUX versi 0.01 dikerjakan sekitar bulan agustus 1991. Pada tanggal 5 oktober 1991 linus mengumumkan versi resmi linux, yaitu 0.02. versi ini hanya dapat menjalankan Bash (GNU Bourne Again Shell) dang cc (GNU C Compiler).

Sekarang LINUX adalah sistem UNIX yang lengkap, bias digunakan untuk jaringan (Networking), perkembangan software, bahkan untuk kebutuhan sehari-hari. LINUX adalah alternative sistem operasi yang jauh lebih murah dibandingkan dengan sistem operasi komersial, dengan kemampuan LINUX yang setara atau bahkan lebih. LINUX dikembangkan di platform berikut ini :

  1. · Intel 80386/486/586/686 Pentium (Pro, II, III, dan Pentium 64 Bit), juga AMD dan Cyrix serta prosesor yang setara.
  2. · Sistem PC dengan microprosesor simetris, laptop dan notebook.
  3. · Digital Alpha.
  4. · Sun Sparc 64 Bit.
  5. · Motorola 64k.
  6. · Macintosh, PowerPC.
  7. · Amiga.
  8. · Atari.
  9. · MIPS, dan banyak lagi.

Walaupun LINUX bukan sistem UNIX yang resmi, tetapi LINUX mempunyai dasar warisan, budaya, arsitektur dan pengalaman sistem operasi UNIX, sebuah sistem operasi yang sudah berjalan selama 28 tahun lebih. Sejak munculnya LINUX source code ( Tahun 1991 ) kernel LINUX telah diteliti (review) dan disempurnakan oleh puluhan ribu programmer di seluruh dunia. Sebagian besar program GNU dan X Windows siatem telah ada lebih lama dari LINUX, dan telah diteliti lebih seksama.

Sistem operasi LINUX meliputi true-multitasking, virtual memory, shared libraries, demand-loading, proper memory management, dan multiuser. LINUX seperti layaknya UNIX, mendukung banyak software mulai dari TEX, X Windows, GNU C/C++ sampai ke TCP/IP.

KARAKTERISTIK LINUX

Linux adalah sistem operasi yang disebarluaskan secara gratis dibawah lisensi GNU General Public License (GPL), yang berarti juga source code linux tersedia. Hal itulah yang membuat linux sangat special. Linux terus dikembangkan oleh kelompok-kelompok ahli tanpa dibayar, yang banyak dijumpai di internet, dengan tukar menukar kode, melaporkan bug, dan membenahi segala masalah yang ada. Setiap orang yang tertarik dipersilahkan untuk bergabung dalam perkembangan linux.

Semua software ini bias didapat secara gratis berdasarkan lisensi GNU General Public License, atau lisensi-lisensi yang mirip dengan itu. Berdasarkan lisensi ini, siapapun bisa mendapatkan program baik dalam bentuk source code (bisa dibaca manusia), maupun Binary (bisa dibaca mesin). Dengan demikian program tersebut dapat diubah, diadaptasi, maupun dikembangkan lebih lanjut oleh siapa saja. Yang pasti linux gratis dan legal (tidak melanggar hokum walaupun mengcopynya dari tetangga).

Tidak ada komentar: